Tips Jitu Mengatasi Rasa Stress

Diposting oleh dhevhar on Senin, 16 Januari 2012


Rasa khawatir dan stres yang terus menerus dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Penelitian menemukan bahwa orang dengan jabatan pekerjaan yang tinggi, memiliki indeks masa tubuh (BMI) yang juga tinggi.

Penelitian juga mengatakan bahwa karyawan yang mengalami tingkat stres tinggi, 1,8 kali lebih mungkin terkena diabetes tipe 2.kemudian penelitian juga mengungkapkan stres dapat memicu hormon yang bisa menyebabkan gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim.

Jika stres melanda anda, tenangkanlah pikiran dan diamkan diri sesaat. Selanjutnya, ikutilah tips berikut ini:
1. Jangan Mengeluh

Apabila mengeluh hal itu merupakan cara baik untuk melampiaskan stres, berarti pendapat Anda salah. hasil penelitian mengatakan bahwa mengeluh kepada orang lain hanya akan membuat orang merasa semakin buruk.

2. Mengikuti Kelas Yoga

Dengan mengikuti latihan Yoga adalah salah satu cara yang efektif dan aman untuk meningkatkan aktivitas fisik, selain bermanfaat secara psikologis yang penting karena sifat meditasi, termasuk untuk orang yang menderita radang sendi. Yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, kekuatan otot dan daya tahan pernapasan. Selain itu, yoga dapat meningkatkan energi tubuh sehingga akan lebih sedikit merasakan sakit dan nyeri.

3. Lebih Banyak Tidur

Hasil penelitian mengatakan bahwa memiliki waktu tidur yang lebih banyak tidak hanya membuat penampilan menjadi segar, namun juga meningkatkan kesehatan dan mengurangi stres. Penelitian mengatakan bahwa orang dengan tingkat stres kronis dilaporkan memiliki durasi tidur yang lebih pendek serta kualitas yang buruk. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa orang yang waktu tidurnya kurang, lebih mungkin mengalami stres.


4. Banyak Gerak

Kegiaan Olahraga addalah cara untuk mengatasi stres yang paling baik, karena dapat mengurangi kortisol --hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal ketika sedang stres. saya merekomendasikan agar orang yang sedang stres untuk melakukan kegiatan penguatan otot besar seperti otot pada kaki, pinggul, punggung, perut, dada dan lengan. Lakukan latihan ini minimal 2 jam, dua hari dalam seminggu.

5. Tertawa

Hasil penelitian mengatakan bahwa orang yang melihat video lucu mengalami penurunan hormon stres, kortisol dan epinefrin. Mereka juga dikatakan telah mengalami peningkatan endorfin, zat yang dapat meningkatkan mood dan sistem kekebalan tubuh.
---------------------------
sumber: http://djarum-super.blogspot.com/2012/01/5-tips-jitu-mengatasi-rasa-stress.html

Related Post: